Ingin Liburan Hemat ke Bali? Lakukan 5 Trik Ini

Musim liburan sudah tiba. Kemana destinasi liburan Anda kali ini? Bagaimana kalau berlibur ke Bali? Setiap mendengar kata liburan ke Bali pasti yang ada di benak Anda ialah  Pantai, Pura, dan pemandangan yang Indah. Meskipun tempat ini sudah terlalu mainstream, namun tetap saja menarik. Lagipula, masih ada banyak orang Indonesia yang belum pernah pergi ke pulau dewata ini. Jika Anda salah satunya, dan disebabkan karena budget yang terbatas, Anda bisa menyimak trik liburan hemat ke Pulau Bali pada tulisan ini. Diharapkan Anda yang belum pernah berlibur ke Bali karena alasan budget dapat ikut menikmati indahnya pesona pulau Dewata yang sudah terkenal sampai seantero dunia.

Tips dan trik Liburan Hemat di Bali 

  1. Hindari Pergi Saat Musim Liburan

Poin pertama yang wajib diperhatikan saat ingin berlibur ke Bali ialah sebaiknya jangan melakukan perjalanan saat musim liburan tiba. Mengapa?  Karena kemungkinan besar Anda kurang bisa menikmati liburan dengan nyaman yang disebabkan oleh sesaknya tempat-tempat wisata. Tak hanya itu, pada musim liburan, umumnya harga tiket, penginapan, dan retribusi masuk ke tempat wisata jauh lebih mahal. Maka dari itu, manfaatkan waktu cuti pribadi untuk dapat menikmati liburan hemat di Bali.

Tips liburan ke bali ala backpacker
Tips liburan ke bali ala backpacker (Ilustrasi/pixabay)

Jika Anda berencana pergi melalui jalur udara, maka pilih pesawat dengan jadwal penerbangan pada malam hari.  Berdasarkan berbagai sumber, harga tiket pada malam hari lebih murah dibandingkan yang melakukan penerbangan pada pagi atau siang hari.

  1. Pilih Penginapan yang Murah

Poin yang kedua agar Anda dapat menikmati liburan hemat di Bali ialah dengan memilih penginapan yang murah. Penginapan dengan harga yang miring dapat ditemukan di sekitar Poppy Lane dan jalan Legian. Tarif menginap di kawasan tersebut berkisar seratus ribu hingga tiga ratus ribu rupiah saja per malam, dengan fasilitas yang sudah cukup lengkap (kamar mandi dalam, kipas angin dan single bed). Menariknya, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika menyewa kamar lebih dari 3 hari berturut-turut.

  1. Menyewa Sepeda Motor

Tidak semua tempat wisata yang akan Anda kunjungi di Bali letaknya berdekatan. Sebagai contoh, Anda tidak mungkin mengunjungi Danau Batur dan Pantai Kuta dengan berjalan kaki. Jika Anda memesan taksi, ojek, atau kendaraan umum lainnya, ongkos yang Anda keluarkan justru akan lebih mahal. Dengan demikian, menyewa sepeda motor dapat menjadi solusi masalah transportasi selama berlibur di sana. Ada harga diskon untuk Anda yang menyewa selama 3 hari berturut-turut atau lebih.

  1. Membeli Oleh-Oleh di Pasar-Pasar Seni

Sudah menjadi adat di Indonesia, jika pulang berlibur membawa oleh-oleh untuk saudara dan kerabat. Agar mendapatkan harga lebih murah, sebaiknya Anda membeli Oleh-oleh di beberapa pasar seni yang ada di Bali, antara lain Pasar Seni Sukowati, Tanah Lot, dan Pasar Kumbasari. Jangan membeli oleh-oleh di toko cindera mata yang berada di pinggir jalan, karena biasanya harganya cenderung lebih mahal.

  1. Kuliner Ala Backpacker

Penghematan terakhir yang bisa Anda lakukan agar dapat menikmati liburan hemat di Bali ialah dengan makan ala backpacker. Silahkan memesan makanan di rumah-rumah makan sederhana. Di sana Anda dapat menikmati santapan dengan harga yang cukup terjangkau.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 trik menikmati liburan hemat di Bali. Semoga artikel ini menginspirasi. Selamat berlibur!




Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 13 =