Cara Merawat Kucing dengan Bahan-Bahan Alami

Kucing atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Felis Catus adalah hewan mamalia karnivora yang lazim dijumpai dan dipelihara oleh manusia. Kucing merupakan binatang yang menggemaskan yang bisa menjadi sahabat bagi manusia selain anjing. Walaupun banyak kontroversi yang menyebutkan terlalu sering kontak dengan kucing akan menyebabkan kemandulan dan bisa menyebabkan toksoplasma bagi kaum wanita, tetapi nyatanya itu merupakan hal yang menyesatkan, karena kucing bukan penyebab toksoplasma karena penyakit tersebut jelas disebabkan oleh parasit toksoplasma gondii yang bukan hanya ditularkan melalui kucing tetapi semua hewan mamalia bisa menularkannya, bahkan sayuran yang kurang bersih dan dimakan mentah.

Kucing yang bersih, sehat dan terawat akan bebas dari segala penyakit termasuk dalam hal penularan tokso. Jadi tergantung kita sebagai pemiliknya jika kita rajin menjaga kebersihan mereka, menjaga kesehatan kucing-kucing tersebut dan merawatnya dengan baik maka akan terhindar dari segala penyakit.

Cara Merawat Kucing dengan Bahan-Bahan Alami
Cara Merawat Kucing dengan Bahan-Bahan Alami (Ilustrasi/pixabay)

Yang menjadi masalah ialah perawatan kesehatan untuk hewan piaraan terutama kucing dan anjing tidaklah murah, kalaupun memiliki cukup uang, tidak semua kota terjangkau oleh klinik hewan atau dokter hewan, jadi pilihannya ialah sebisa mungkin melakukan tindakan pencegahan non medis. Dan ternyata beberapa bahan alami yang cukup mudah kita temukan sangat bermanfaat untuk kucing, bisa dijadikan obat dan vitamin bagi mereka. Bahan-bahan itu antara lain ialah,

  1. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman yang sudah dikenal dan digunakan cukup lama, baik sebagai obat ataupun sebagai bumbu masakan. Kunyit mengandung minyak atsiri dan kurkumin yang berfungsi sebagai antioksidan, anti bakteri, anti virus, anti mikroba, anti inflamasi dan juga mengandung zat besi, fosfor juga mineral.

Seperti juga manusia, kucing juga sering terserang flu yang membuat tubuh kucing menjadi lemah karena tidak mau makan. Dan kekebalan yang menurun ini bisa membuatnya terserang bakteri atau virus lain yang mungkin bisa ditularkan kepada manusia.

Berikan pada kucing anda ekstrak kunyit, bisa berupa bubuk atau rebusan campur ke dalam pakannya sehingga daya tahan tubuh kucing anda akan lebih baik dan terhindar dari penyakit. Bisa diberikan setiap hari sebanyak satu sendok teh saja. Kucing tidak mau makan juga bisa disebabkan perutnya begah selayaknya maag pada manusia, kunyit juga bisa membantu meredakannya.

  1. Minyak Kelapa / Virgin Coconut Oil (VCO)

Tahukah anda bahwa VCO bisa menjadi pengganti obat cacing bagi kucing bahkan bisa membasmi cacing pita di dalam tubuhnya. Selain itu VCO juga bisa dijadikan obat scabies / koreng pada kucing, mengatasi kerontokan bulu dan juga bisa meningkatkan kekebalan.

VCO yang terbuat dari buah kelapa ini mengandung asam laurat sebanyak 44% yang fungsinya sebagai antibiotik, anti bakteri, anti virus dan anti jamur. Selain itu juga untuk membasmi kutu dan menyuburkan bulunya. Cukup oleskan pada bagian bulu yang rontok atau terkena koreng, dalam beberapa hari koreng akan kering dan bulunya akan tumbuh kembali. Anda tidak perlu kuatir akan dijilat, karena VCO aman, dan malah dengan memberikan mereka minyak kelapa ini dengan cara meminumkannya maka kekebalannya akan meningkat dan tentu saja membasmi cacing dalam tubuhnya. Selain itu, bulunya akan tebal dan cantik.

  1. Kuning Telur

Kalau kucing anda sakit dan tidak mau makan, suapi dia dengan kuning telur yang direbus matang dan campurkan dengan sedikit air. Kuning telur kaya akan protein yang akan menjadi sumber tenaga dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Kuning telur juga mengandung vitamin dan mineral baik yang bisa mempercepat penyembuhan.

  1. Madu

Seperti kita ketahui madu merupakan makanan dengan sejuta manfaat. Madu mengandung fruktosa dan glukosa yang mudah diserap tubuh dan diubah menjadi tenaga. Selain itu, juga mengandung antiseptik dan anti bakteri mirip dengan kunyit dan VCO. Kucing yng sakit dan tidak mau makan bisa anda berikan madu saja tiap satu jam sekali atau campurkan dengan kuning telur. Anda juga bisa menggunakan campuran ini untuk menggemukkan kucing.

  1. Daun Anting-Anting

Tumbuhan perdu dengan daun kecil ini merupakan kesukaan para kucing. Mereka sering menggigit tanaman ini, salah satunya untuk membersihkan pencernaannya.

Kalau kita sering melihat kucing merumput kemudian muntah, itu merupakan cara membersihkan pencernaan mereka. Meskipun golongan karnivora, tetapi kucing tetap memerlukan serat dan ini bisa mereka dapatkan dari tanaman ini. Dan yang lebih utama ialah tanaman ini dipercaya sebagai obat penyakit Panleu pada kucing. Panleu atau distemper merupakan penyakit yang sering menimbulkan kematian pada kucing dan anjing. Jadi jangan lupa tanamlah daun anting-anting ini di halaman rumah anda jika anda seorang pecinta kucing.



Artikel ini masuk dalam bahasan:

- kunyit untuk kucing - Perawatan kucing dengan bahan alami untuk manusia

Pridiyawati Purnomowulan - JV

Tim Blogger Igaligo.com Boyolali - Jawa Tengah.
Pecinta kucing sejati dan penggemar teh yang dulu kuliah psikologi karena pengen menyembuhkan diri sendiri. HRD yang lembut tapi tegas

Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =