Cara Membuat Balon Gas yang Mudah dan Aman

Balon merupakan sebuah benda berupa kantung yang dibentuk dengan mengisi gas ke dalamnya. Gas – gas yang bisa diisikan ke dalam balon meliputi hidrogen, helium, nitrogen, dan lain-lain. Balon terbuat dari karet sehingga bersifat elastis. Sekarang balon sudah memiliki bentuk yang beraneka ragam disesuaikan dengan keinginan penggunanya. Selain itu warnanya pun bisa disesuaikan dengan warna kesukaan seperti merah, biru, kuning, hijau, dan lain-lain.

Cara membuat balon gas yang mudah dan aman
Cara membuat balon gas yang mudah dan aman (Ilustrasi/pixabay)

Balon gas merupakan balon yang bisa terbang atau melayang di udara. Balon yang satu ini sedang menjadi trend di kalangan masyarakat mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Penggunaanya pun bermacam – macam sesuai kebutuhan. Balon gas ini bisa digunakan untuk apa saja mulai dari dekorasi, simbolis acara peresmian, maupun hanya sebagai mainan anak – anak saja. Balon gas yang digunakan dalam upacara pelepasan atau peresmian dibuat dengan membuat balon yang bergerombol maupun yang bertingkat – tingkat. Selain itu di bagian bawahnya diikat dengan pita dan di bagian bawah balon biasanya dipasang spanduk tulisan dari acara yang sedang berlangsung tersebut. Biasanya balon gas pelepasan ini digunakan dalam berbagai acar seperti peresmian gedung, pernikahan, launching produk, peresmian kantor baru, ulang tahun sekolah, acara jalan sehat, dan lain-lain. Di luar sana sudah banyak penjual yang menjual balon gas ini yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelinya.

Cara membuat balon gas sendiri sebenarnya sangat sederhana. Kita bisa membuatnya sendiri dengan membeli bahan – bahan yang dibutuhkan. Bahan – bahan untuk membuat gasnya sendiri tergolong sederhana karena tidak memerlukan alat – alat yang canggih. Dengan kita membuat gas sendiri, kita bisa merangkai balon – balonnya sesuai dengan kebutuhan kita sendiri. Selain itu pemilihan warna maupun aksesoris lainnya bisa kita gunakan sesuai kesukaan kita. Jadi kita tidak usah pergi jauh – jauh nyari tukang balon gas karena kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain mudah dikerjakan selama proses pembuatannya pun aman dilakukan.

Berikut cara pembuatan balon gas yang mudah dan aman

Alat dan Bahan

  • 1 buah balon
  • 1 botol minuman plastik bekas
  • 1 sdt soda kue
  • 3 sdm larutan cuka
  • 10 – 15 cm tali

Cara membuat balon gas

  1. Masukkan soda kue ke dalam balon yang disediakan
  2. Masukkan larutan cuka ke dalam botol plastik
  3. Tempatkan atau masukkan lubang balon ke mulut botol plastik
  4. Ikat bagian lubang balon yang melekat dengan mulut botol plastik
  5. Angkat bagian ujung balon sampai soda kue yang berada di dalam balon jatuh ke larutan cuka yang berada di dalam botol plastik
  6. Larutan cuka yang tercampur dengan soda kue tersebut akan menghasilkan gelembung – gelembung yang nantinya membentuk gas karbondioksida yang nantinya akan dilepaskan ke arah atas (balon)
  7. Balon akan mengembang dengan sendirinya
  8. Ketika besarnya balon sudah sesuai dengan ukuran balon yang kita inginkan kita bisa melepaskan talinya
  9. Kemudian balon dari botol plastik dicabut dan mulut atau lubang balon ditalikan

Mudah bukan pembuatan balon gas ini? Silahkan dicoba di rumah Anda sendiri dan bisa kreasikan sendiri untuk hiasannya. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi karena kesulitan mencari penjual balon gas setelah mengetahui cara di atas. Jika Anda ingin mendekor untuk acara ulang tahun teman, pemberian selamat acara wisudaan teman, maupun memberikan mainan untuk keponakan Anda bisa lakukan cara sederhana di atas. Selamat mencoba dan bereksperimen.



Artikel ini masuk dalam bahasan:

- Cara membuat balon gas - cara membuat balon terbang - cara membuat gas helium sederhana - balon gas - cara buat balon gas - cara membuat gas helium - cara membuat gas helium sendiri - balon terbang - cara membuat balon gas sendiri - cara buat balon terbang


Artikel terkait dan Link Sponsor


2 comments on “Cara Membuat Balon Gas yang Mudah dan Aman

  1. Yuu
    June 27, 2016
    Reply
  2. stevaniphani
    May 19, 2016
    Reply

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 7 =