8 Tahap Cara Menyimpan Ikan Segar Lebih Tahan Lama

Ikan merupakan salah satu sumber protein tinggi yang kita konsumsi sehari-hari dan mudah dijumpai. Namun dikarenakan berbagai macam aktivitas yang menyita waktu, kita terkadang tidak sempat membeli ikan segar di pasar tradisional atau di supermarket. Masalah lainnya bila kita sudah membeli ikan segar dan lupa memasaknya, ikan yang kita beli menjadi tidak segar bahkan karena sudah terlalu lama sehingga tidak lagi layak dimasak dan dikonsumsi. Sayang bukan ?

Untuk menyiasati agar ikan segar yang anda beli tidak lekas busuk sebelum dimasak, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan.
Cara menyimpan ikan segar agar lebih tahan lama sebelum dimasak sebagai berikut :

  1. Setelah membeli ikan, sebaiknya anda segera mencuci ikan segar hingga bersih dari insang, sisik, kotoran di perut ikan dan empedu.
  2. Buanglah sirip, insang, isi perut ikan dan bila anda tidak memakan ekor ikan sebaiknya anda buang. Gunanya agar ikan yang anda simpan sudah siap olah, menghemat tempat saat disimpan dan juga menghemat minyak saat menggoreng.
  3. Ambillah jeruk lemon atau jeruk nipis. Potong menjadi dua bagian kemudian diperas. Lumuri ikan yang sudah dicuci bersih dengan air perasan jeruk. Gunanya untuk membasmi bakteri dan mengurangi bau amis pada ikan. Cuka masak yang ditambah sedikit air dapat menjadi pengganti jeruk nipis dan lemon. Berikan secukupnya.
  4. Lumuri ikan dengan sedikit garam. Gunanya agar ikan lebih awet dan ikan akan terasa lebih gurih saat sudah dimasak.
  5. Simpan ikan dengan rapi di dalam box plastik khusus untuk menyimpan makanan.
  6. Masukkan box berisi ikan ke dalam pembeku di lemari es.
  7. Ikan yang anda bekukan akan kuat dan siap digoreng kapan saja. Ikan dapat bertahan disimpan dalam pembeku hingga 3-7 hari dengan suhu maksimal.
  8. Saat anda mau menggoreng, ambil ikan dari dalam pembeku, cukup mengambil ikan yang akan anda olah. Biarkan ikan hingga mencapai suhu ruangan, baru ikan siap digoreng. Bila anda mau mengolah dengan cara lain anda dapat menambah bumbu pada ikan. Sisa ikan yang belum digoreng dapat anda simpan kembali di lemari es.
Cara menyimpan ikan agar tahan lama
Cara menyimpan ikan agar tahan lama (Ilustrasi/pixabay)

Mudah dan menghemat waktu, bukan? Lebih sehat dan ekonomis. Silahkan dicoba. (SRH)



Artikel ini masuk dalam bahasan:

- menyimpan ikan - cara menyimpan ikan laut di freezer - cara menyimpan ikan laut agar tashasn lamas - cara menyimpan ikan kembung - cara menyimpan ikan di kulkas agar awet - cara menyimpan ikan di kulkas - cara menyimpan ikan agar tetap segar - cara menyimpan ikan - cara menjaga ikan agar tdk cepat busuk - menyimpan ikan baru

Silvia Rotua Hotnida (SRH) - JV

Tim Blogger Igaligo.com

Latest posts by Silvia Rotua Hotnida (SRH) - JV (see all)


Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − 3 =