8 Cara Menghilangkan Sakit Punggung

Salah satu penyakit yang sering menyerang siapapun, terutama yang sudah berusia lanjut, ialah sakit punggung. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit punggung, tetapi yang sering dialami ialah karena sedang mengalami kecapaian. Dan anda bisa jadi akan kesulitan untuk tidur, jika sedang mengalami sakit punggung. Sehingga jangan anggap remeh jika anda merasakan sakit di punggung.

Cara Menghilangkan Sakit Punggung

  1. Ketika beraktifitas, selalu ingat untuk memerhatikan postur tubuh. Jika berjalan, jangan membungkuk, melainkan berjalanlah yang tegak. Jika sedang duduk untuk waktu yang lama, badan jangan merosot, melainkan duduklah yang tegak tetapi santai, dengan tubuh anda yang menempel di punggung kursi, dan jagalah kaki anda selalu rata dengan lantai. Kalau memungkinkan, tempatkanlah bantal di antara kursi dengan punggung bawah anda.
  1. Jika anda ingin memakai obat-obatan, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter, terlebih jika anda sedang meminum obat-obatan yang dijual bebas ataupun obat herbal. Karena ada kemungkinan, obat-obatan itu memiliki efek samping, ataupun bersifat bertentangan antara obat yang satu dengan obat yang lain.
Cara Menghilangkan Sakit Punggung
Cara Menghilangkan Sakit Punggung
  1. Jika ingin melakukan terapi fisik, dengan didampingi tenaga profesional, maka anda akan diajarkan cara yang benar untuk bergerak, duduk, berdiri, serta menguatkan otot punggung.
  1. Kasur yang nyaman dan kuat, serta bantal yang rendah dan solid, merupakan pilihan terbaik jika anda mengalami sakit punggung ataupun ingin mencegah terkena penyakit ini. Tidur dengan posisi yang baik dapat mengurangi sakit punggung anda. Menempatkan bantal di antara lutut, jika anda ingin tidur dengan posisi miring, akan mengurangi tekanan pada punggung. Tetapi jika ingin tidur terlentang, anda bisa meletakkan bantal di bawah lutut.Dan jika sudah sembuh, di kemudian hari, untuk mencegah terulangnya sakit punggung lagi, tidurlah yang cukup. Terutama ketika tidur malam, tidurlah dengan posisi horisontal, agar tulang dan otot punggung dapat rileks.
  1. Melakukan pemanasan ketika bangun tidur akan mencegah punggung terasa sakit. Pelan-pelan, lakukanlah peregangan di setiap anggota tubuh anda, ketika anda masih di tempat tidur.Jika anda masih mempunyai waktu yang cukup untuk berolahraga, lakukanlah segera dan jangan ditunda. Dengan berolahraga secara rutin, seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang, akan membantu punggung tetap sehat. Atau jika ingin melakukan yoga, anda bisa melakukannya tetapi harus selalu dengan pengawasan dokter.
  1. Dalam memilih pakaian, sebaiknya mengutamakan kesehatan daripada mode. Pakailah pakaian yang nyaman. Jangan memakai pakaian yang membatasi gerakan tubuh, terutama pada gerakan pada daerah punggung maupun pinggang.
  2. Pakailah alas kaki yang nyaman. Jika memungkinkan, terutama untuk wanita, hindari untuk setiap hari selalu memakai sepatu hak tinggi. Dengan memakai sepatu hak tinggi dapat menambah tekanan pada punggung, karena berat tubuh akan condong mendorong ke arah depan.
  1. Cara yang paling cepat untuk menyembuhkan punggung bagian bawah yang sakit adalah dengan cara membaringkan tubuh di tempat tidur, disertai dengan mengangkat kaki dan menyandarkannya pada dinding, sehingga membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh.

Demikianlah Cara Menghilangkan Sakit Punggung, semoga bermanfaat.




Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × four =