7 Langkah Aman Menghilangkan Bau Saluran Wastafel Dengan Bahan Alami

Saluran air pada wastafel anda merupakan salah satu tempat yang sangat disenangi oleh bakteri dan kuman untuk hidup dan berkembang biak. Pada saluran wastafel jugalah seringkali muncul bau tidak sedap yang mengganggu penciuman. Terutama jika itu merupakan wastafel yang biasa anda gunakan untuk mencuci piring, gelas dan peralatan makan lainnya, dimana banyak kotoran dan sisa makanan yang mungkin ikut larut dengan air dan masuk ke dalam saluran wastafel.

Karena itulah, wastafel dan saluran airnya merupakan salah satu bagian dalam rumah yang harus sering-sering anda bersihkan agar salurannya tidak tersumbat dan tidak memunculkan bau yang tidak sedap.

cara menghilangkan bau wastafel
cara menghilangkan bau wastafel (Ilustrasi/pixabay)

Memang banyak produk pembersih wastafel yang bisa anda beli dan gunakan, tetapi jika anda ingin hasil yang lebih aman dan akan meninggalkan bau yang lebih sedap pada ruangan anda, maka anda bisa mencoba membersihkannya dengan bahan alami. Apalagi jika anda memiliki anak kecil di rumah, tentu saja dengan meminimalisir penggunaan bahan kimia di rumah akan semakin baik bagi kesehatan.

Cara menghilangkan bau wastafel

Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk membersihkan saluran wastafel anda dari bau yang tidak sedap.

Sebelumnya siapkan dulu semua bahan dan alat yang dibutuhkan yaitu ¾ cangkir baking soda, ½ cangkir cuka, lap bersih (bisa anda gunakan baju atau kaos bekas), es batu dan 1 buah lemon.

  1. Bersihkan wastafel dari semua kotoran dan sisa makanan dari piring dan peralatan makan/ masak anda.
  2. Taburkan baking soda tepat pada permukaan wastafel dan di atas lubang salurannya.
  3. Setelah itu, tuangkan cuka di tempat yang sama, kemudian tutupi dengan kain/ lap.
  4. Campuran baking soda dan cuka akan menimbulkan gelembung-gelembung seperti sabun atau seperti air mendidih, yang akan masuk ke dalam saluran. Itulah kenapa anda harus membiarkan saluran tertutup kain/ lap selama 30 menit.
  5. Setelah 30 menit, buka dan ambil lapnya, kemudian tuangkan air mendidih ke dalam wastafel dan alirkan ke dalam saluran.
  6. Ambil es batu dan letakkan di atas saluran wastafel anda. Es batu yang mencair perlahan akan membantu melepas sisa-sisa makanan dan kotoran yang mungkin masih menempel di saluran wastafel.
  7. Langkah terakhir untuk mengharumkan wastafel anda, letakkan potongan lemon di atas saluran wastafel. Anda bisa juga memeras airnya agar masuk ke dalam saluran wastafel.

Demikianlah cara menghilangkan bau wastafel, semoga bermanfaat bagi pembaca setia Igaligo.



Artikel ini masuk dalam bahasan:

- menghilangkan bau was

Pridiyawati Purnomowulan - JV

Tim Blogger Igaligo.com Boyolali - Jawa Tengah.
Pecinta kucing sejati dan penggemar teh yang dulu kuliah psikologi karena pengen menyembuhkan diri sendiri. HRD yang lembut tapi tegas

Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =