6 Langkah Tepat Membersihkan Laptop Dengan Cepat

Laptop merupakan barang yang sudah menjadi suatu kebutuhan untuk  menunjang aktivitas dan pekerjaan masyarakat era digital ini. Sebagai barang yang seringkali dibawa kemanapun, laptop atau komputer jinjing mudah menjadi kotor karena noda, debu ataupun keringat. Tetapi sebagai barang elektronik, tentunya membersihkan laptop tidak bisa sembarangan agar tidak terjadi kerusakan yang tidak diinginkan yang bisa juga membuat memori serta data-data penting dalam laptop hilang atau rusak.

Kotoran yang menempel pada laptop, selain akan menimbulkan aroma yang tidak sedap, juga bisa mengganggu kinerja komputer jinjing milik anda. Laptop anda akan menjadi lambat, bahkan bisa menjadi rusak karena debu yang menempel pada permukaan laptop anda. Jika anda ingin membersihkan laptop, anda harus mengetahui cara yang tepat agar laptop bisa bersih dalam waktu yang cepat dan tentunya aman bagi laptop itu sendiri.

Cara Membersihkan Laptop
Cara Membersihkan Laptop

Agar bisa membersihkan laptop dari kotoran yang menempel, anda harus siapkan air terdestilasi atau air mineral, cuka, kain flanel (atau lap kacamata), cottonbud dan botol semprot. Kemudian ikuti langkah-langkah untuk membersihkan laptop anda seperti di bawah ini:

  1. Buatlah cairan pembersih terlebih dahulu, caranya ialah dengan mencampurkan satu bagian air mineral dengan satu bagian cuka, masukkan ke dalam botol semprot. Kocok agar bisa tercampur dengan rata.
  2. Semprotkan cairan pembersih pada kain lap/ flanel secukupnya.
  3. Bersihkan bagian penutup (case) laptop dengan kain flanel yang telah disemprot dengan cairan pembersih tadi. Usap perlahan-lahan agar tidak tergores.
  4. Setelah selesai membersihkan bagian penutupnya, giliran untuk membersihkan bagian layar laptop anda. Pada bagian ini, anda harus melakukannya dengan sangat hati-hati. Jangan menggosok layar dengan keras, karena akan bisa merusak layar laptop anda. Pastikan kain flanel masih cukup basah dengan cairan pembersih, usap perlahan pada layar sampai bersih. Jangan pernah menggunakan alkohol atau bahan kimia lainnya untuk membersihkan layar laptop karena bisa merusaknya.
  5. Jika kain lap sudah terasa kering, semprotkan lagi cairan pembersihnya, kemudian bersihkan bagian sisi-sisi luar laptop (pembatas pada laptop) kemudian teruskan dengan membersihkan bagian bawah laptop (bagian kursor/ mouse). Caranya sama dengan cara membersihkan bagian yang lainnya tadi.
  6. Langkah terakhir ialah membersihkan keyboard atau keypad (tombol huruf dan angka) pada laptop. Caranya ialah celupkan cottonbud ke dalam cairan pembersih, kemudian gunakan untuk membersihkan sela-sela keyboard atau keypad pada laptop anda. Sebaiknya bersihkan laptop anda setidaknya 2 minggu sekali untuk menjaganya dalam performa terbaik.


Pridiyawati Purnomowulan - JV

Tim Blogger Igaligo.com Boyolali - Jawa Tengah.
Pecinta kucing sejati dan penggemar teh yang dulu kuliah psikologi karena pengen menyembuhkan diri sendiri. HRD yang lembut tapi tegas

Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 5 =