5 Tips Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Tips menghilangkan rasa malas belajar – Ketika Anda hendak belajar, biasanya Anda akan dihadapkan dengan berbagai godaan yang mengganggu belajar Anda. Biasanya rasa kantuk yang menjadi godaan bagi orang yang sedang belajar, ataupun hal–hal lainnya yang bisa mengalihkan fokus belajar Anda, seperti menonton film, bermain bersama teman, dan lain-lain. Hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa rasa malas mulai tumbuh pada diri Anda. Jika Anda sedang belajar, sudah mulai merasa mengantuk, maka segeralah basuh muka ataupun bisa sekalian langsung mandi supaya badan kembali menjadi segar. Dengan begitu, belajar Anda pun bisa dilakukan dengan baik dan materi pun akan lebih mudah diserap. Namun jika hal tersebut belum bisa dilakukan untuk mengusir rasa kantuk, berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Tips menghilangkan rasa malas belajar

Mengganti Posisi Duduk Ketika sedang Belajar

Jika Anda sedang belajar, namun rasa malas tiba–tiba datang, maka cobalah untuk merubah posisi duduk Anda. Jika Anda belajar dengan posisi duduk, cobalah untuk berdiri sejenak dari kursi Anda sehingga tubuh bisa menjadi lebih nyaman lagi, setelah itu bisa duduk kembali. Bisa juga Anda mengganti kursi Anda dengan yang lainnya sehingga membuat berbeda dan tubuh Anda menjadi lebih nyaman.

Pindah Tempat Belajar

Tempat belajar bisa menjadi salah satu penyemangat belajar Anda. Dengan tempat yang nyaman, Anda pun akan merasa nyaman juga dengan belajar Anda sehingga tidak menimbulkan rasa malas belajar. Terkadang jika Anda belajar di tempat yang sama dalam waktu yang cukup lama sampai berjam–jam, biasanya akan menimbulkan rasa bosan dan menyebabkan Anda menjadi malas untuk belajar. Jika Anda mengalaminya, Anda bisa menyiasatinya  dengan cara berpindah tempat belajar. Misalnya jika awalnya Anda belajar di kamar, mungkin Anda bisa pindah tempat belajar ke ruang tamu, ataupun ke halaman rumah. Ataupun bisa dilakukan jika di kamar awalnya Anda belajar dengan duduk di kursi bisa berpindah ke lantai ataupun ke kursi yang lainnya.

Tips menghilangkan rasa malas belajar
Tips menghilangkan rasa malas belajar

Melakukan Relaksasi

Jika Anda belajar secara terus-menerus, maka tubuh dan otak Anda akan merasa lelah. Jika Anda paksa tubuh serta otak Anda untuk terus belajar, maka lama–lama konsentrasi akan menjadi buyar dan akan menjadi malas karena rasa penat dari dalam diri Anda. Anda bisa melakukan rileksasi selama beberapa menit untuk menyegarkan kembali tubuh Anda. Misalnya Anda bisa menyelang belajar Anda dengan mendengarkan beberapa lagu kesukaan Anda, bisa juga dengan berjalan–jalan ke luar ruangan sejenak untuk menghirup udara segar.

Sambil Makan Cemilan

Supaya suasana belajar Anda lebih menyenangkan, Anda bisa menyelingi belajar Anda dengan kegiatan lainnya, seperti makan cemilan yang sehat. Cemilan sehat yang bisa disiapkan di tempat belajar Anda ialah buah–buahan, seperti apel, pisang, mangga, dan lain-lain. Memakan cemilan tersebut bisa dilakukan saat Anda sedang belajar, misalnya jika sedang memahami materi, karena dengan melakukan pergerakan mulut Anda maka akan menghilangkan rasa jenuh yang dapat menyebabkan kemalasan.

Rubah Pola Belajar

Jika selama belajar Anda menerapkan pola belajar dengan membaca dan menghafal saja, mungkin Anda bisa merubah pola belajar Anda supaya tidak mudah bosan. Anda bisa mencari berbagai cara alternatif untuk mengubah pola belajar Anda. Misalnya Anda belajar dengan cara mendengarkan audio maupun melihat videonya dari materi yang sedang dipelajari. Sehingga hal tersebut dapat membuat Anda semakin semangat belajar dan tidak mudah merasa bosan.




Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 20 =