5 cara Tepat Untuk Membuat Suasana Rumah Menjadi Harmonis

5 cara Tepat Untuk Membuat Suasana Rumah Menjadi Harmonis – Rumah adalah tempat istirahat setelah lelah beraktivitas di luar sana. Tempat kita belindung dari panas, hujan, angin, badai, dari keramaian, kejaran orang, dan lainnya. Sudah menjadi keharusan suasana rumah itu nyaman, aman, tenang dan menyenangkan bagi semua penghuninya.

Suasana rumah juga akan mempengaruhi keadaan psikologi penghuninya. Apabila anda mempunyai suasana rumah yang menyenangkan pasti ketika beraktivitas akan merasa semangat. Tetapi jika suasana rumah membosankan akan membuat penghuninya tidak mempunyai semangat, mudah lelah, letih sehingga aktivitasnya pun akan terganggu.

Untuk itu sangat penting menjaga ketenangan dan kedamaian di dalam rumah. Keharmonisan rumah tangga juga bisa menjadi penyebab utama ketidaktenangan dalam rumah. Ketika terjadi pertengkaran antar anggota keluarga akan membuat rasa tidak senang ketika berada dirumah. Sekarang, mari kita bahas bersama bagaimana sih membuat suasana rumah menjadi harmonis.

Berikuti ini 5 cara membuat suasana rumah menjadi harmonis adalah :

1. Saling mengerti dan memahami antar penghuni rumah

Ayah dan ibu harus bisa saling memahami setiap perkataan, sikap perilaku dan aktivitas masing-masing. Setelah saling mengerti dan memahami satu dengan yang lain, mengerti juga keadaan anak dan apa yang sedang ia lakukan. Agar tidak terjadi kesalahpahaman antar anggota keluarga dan tahu bagaimana menenangkan satu dengan yang lainnya apabila terjadi perdebatan. Sehingga tidak menimbulkan pertengkaran yang serius.

2. Saling menghormati dan menghargai antara angota penghuni rumah

Ayah dan ibu haruslah memberikan contoh dalam hal ini. Sehingga anak-anak akan meniru perbuatan yang dicontohkan oleh orang tuanya. Misalnya memberikan contoh ketika makan atau minum haruslah mengambilkan untuk ayah barulah kepada anggota keluarga lainnya. Selain itu, ketika anak-anak sudah tumbuh dewasa walau masih perlu pengawasa dan perhatian, akan lebih baik jika mereka dihargai privasinya. Sehingga tidak akan menimbulkan keributan karena tidak dihargai hak-haknya.

3. Usahakan setiap ada permasalahan harus cepat diselesaikan

Tidak ada rumah tangga yang tak bermasalah. Semua pasti memiliki masalah walau hanya sedikit. tetapi setiap orang berbeda-beda dalam menangani permasalahan yang datang. Sebaiknya masalah kecil segera diselesaikan dan masalah besar dibuat sederhana sehingga tidak menimbulkan percekcokan setiap hari. Orang tua harus bisa menyelesaikan masalahnya tanpa boleh diketahui anak-anaknya dan orang tua harus bisa membantu anaknya dalam menyelesaikan masalahnya.

4. Jangan pernah gunakan kekerasan untuk menyelasaikan suatu persoalan

Kekerasan bukanlah cara yang tepat untuk menyelasikan suatu masalah. Malah dalam kenyataanya kekerasan akan menambah masalah yang sedang dihadapi. Kekerasan juga dapat membawa dampak negatif pada psikologis anak. Seorang anak yang sering mengalami tindak kekerasan akan merasa minder, sulit bergaul, atau bisa jadi tumbuh menjadi anak yang nakal serta biasanya mereka mempratikkan apa yang terjadi pada mereka. Dengan menghindari kekerasan berarti anda menciptakan ketenangan dalam rumah.

5 cara Tepat Untuk Membuat Suasana Rumah Menjadi Harmonis
5 cara Tepat Untuk Membuat Suasana Rumah Menjadi Harmonis (Ilustrasi)

5. Melakukan kegiatan bersama-sama

Jika ada waktu luang Lakukanlah kegiatan yang dapat meningkatkan kebersamaan dalam keluarga. Seperti : memasak bersama, berkebun, menonton film bersama, mendengarkan musik bersama, dan lain-lain. Jika semuanya dilakukan bersama tentu akan ada canda tawa didalamnya yang bisa memberikan kesenangan tersendiri antara anggota keluarga di rumah. Sehingga semua orang akan betah ketika berada di rumah dan rasanya ingin segera berada di rumah.

Kunci utama yang dapat membuat keharmonisan dalam rumah adalah ibu. Karena ibulah yang mengurus urusan rumah tangga. Yang selalu dekat dengan ayah dan anak-anaknya. Jika seorang ibu sadar akan pentingnya kebahagiaan keluarga pasti akan menciptakan sesuatu yang bisa memupuk keharmonisan. Seorang ibu harus mampu memberikan perhatian yang cukup untuk suami dan anak-anaknya. Dengan begitu, ibu akan mengetahui apa yang seharusnya dilakukan apabila sedang terjadi pertikaian antara anggota keluarga.

Bukan hanya ibu, peran ayah juga cukup penting, karena ayah adalah imam bagi sebuah keluarga. Yang menjadi nahkoda mengarungi kehidupan yang semakin lama semakin keras ini. Semoga dengan melakukan tips di atas, anda semua bisa menciptakan suasan keharmonisan rumah tangga di dalam rumah masing-masing.

Demikianlah artikel mengenai 5 cara Tepat Untuk Membuat Suasana Rumah Menjadi Harmonis, semoga bermanfaat.



Artikel ini masuk dalam bahasan:

- contoh keluarga harmonis - cara membuat suasana rumah menyenangkan - cara membuat rumah menjadi nyaman - cara membuat suasana rumah nyaman - keluarga yang menyenangkan - Cara menangani keluarga menjadi harmoni - udah untuk mnciptakan keluarga yg harmonis - Biar rumah di tempati menyenagkan - Bagaimana membuat suasana rumah agar selalu hangat tanpa ada pertengkaran - apa yang terjadi jika dalam keluarga tidak ada kebersamaan dan kerukunan antaranggota keluarga

Vita Novyanti

Kontributor iGaligo.com

Latest posts by Vita Novyanti (see all)


Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =