4 Cara Termudah Menyimpan Dan Mengawetkan Daun Mint

Apakah anda termasuk penggemar daun mint dan merasa kebingungan untuk menyimpannya agar tetap bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama? Anda mungkin sudah mencoba menyimpan daun mint di dalam kulkas dan dengan dibungkus kertas koran atau tisu, tetapi hasilnya daun mint tetap berubah warna menjadi hitam dan cita rasanya berkurang. Atau anda sudah mencoba juga cara mengawetkan daun mint dengan merendam batangnya di dalam air, tapi hasilnya daun mint tetap menjadi busuk.

Daun mint, selain memberikan efek hangat dan melegakan tenggorokan saat dikonsumsi, juga bisa digunakan sebagai garnis untuk mempercantik penampilan makanan atau minuman. Tentu saja yang terbaik ialah daun mint yang masih segar dan masih berwarna hijau. Lalu bagaimana cara terbaik dan termudah untuk menyimpan dan mengawetkan daun mint agar masih tetap digunakan setelah beberapa lama disimpan? Cara termudah ialah dengan menjadikan daun mint sebagai es batu.

  1. Bersihkan dan cuci daun mint, petiklah daun mint dari batang-batangnya dan biarkan kering terlebih dahulu. Ingat, bahwa semua jenis sayuran dan buah-buahan disarankan untuk dicuci dengan air mengalir agar semua kotoran dan pestisida yang menempel bisa benar-benar hilang.
cara mengawetkan daun mint
cara mengawetkan daun mint (Ilustrasi/pixabay)
  1. Letakkan beberapa daun mint utuh atau anda bisa mencincangnya terlebih dahulu agar bentuknya lebih kecil, ke dalam cetakan es batu. Sebaiknya anda mengisi setiap kotak cetakan es batu dengan daun mint sebanyak seperempat kotak agar nantinya air bisa cukup untuk merendam daun mint.
  2. Jika semua kotak pada cetakan es sudah terisi dan semua daun mint sudah habis, isilah cetakan es dengan air dan simpan di dalam freezer anda. Membekukan daun mint akan membuat daun mint anda tetap berwarna hijau segar dan cita rasanya akan tetap terjaga.
  3. Jika sudah membeku dan menjadi es, lepaskan es berisi daun mint tadi dari cetakan. Ambillah plastik zip ukuran besar kemudian simpan es daun mint ke dalamnya. Simpan kembali ke dalam freezer anda.
  4. Daun mint anda siap digunakan setiap saat dengan cara biarkan mencair terlebih dahulu esnya baru gunakan daun mint sesuai kebutuhan anda. Anda juga bisa langsung menambahkannya ke dalam minuman dingin anda.

Sekarang anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara untuk menyimpan dan mengawetkan daun mint anda. Anda bisa melakukan penyimpanan dengan cara yang mudah dan tidak perlu repot lagi.



Artikel ini masuk dalam bahasan:

- bagaimana menyimpan daun mint - Cara agar daunt mint - cara menyimpan daun mint yang benar

Pridiyawati Purnomowulan - JV

Tim Blogger Igaligo.com Boyolali - Jawa Tengah.
Pecinta kucing sejati dan penggemar teh yang dulu kuliah psikologi karena pengen menyembuhkan diri sendiri. HRD yang lembut tapi tegas

Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − five =