3 Tips Rahasia Memotong Semangka Tanpa Repot Ala Chef Profesional

Semangka merupakan salah satu jenis buah yang sering dihidangkan pada saat acara-acara jamuan makan, karena selain kandungan airnya yang banyak dan segar, juga harganya yang relatif tidak terlalu mahal. Selain itu, juga dengan satu buah semangka saja kita sudah gunakan untuk banyak porsi sehingga cukup ekonomis. Tapi hal yang paling sering dialami ialah kerepotan dalam memotongnya menjadi bagian-bagian kecil yang manis siap makan dan layak untuk dihidangkan.

Buah semangka memiliki kulit yang cukup tebal dan bentuknya yang bulat, membuat kita dibuat repot untuk memotongnya saat hendak dikonsumsi. Bagi para chef profesional, mereka pasti tidak akan mengalami kerepotan yang sering kita alami, tapi bagi orang awam, membelah dan memotong semangka agar tidak belepotan dan potongannya bagus bukanlah hal yang mudah.

teknik memotong semangka
Teknik memotong semangka (Ilustrasi/pixabay)

Tapi anda tidak perlu kuatir, mulai sekarang, ucapkan selamat tinggal pada kerepotan dan ikuti langkah–langkah memotong buah semangka di bawah ini, untuk agar anda bisa mendapatkan potongan semangka siap makan yang sedap dipandang mirip yang dilakukan oleh chef profesional.

  1. Potongan Kubus / Dadu

Belah semangka secara horisontal menjadi dua bagian, ambil satu bagian, lalu letakkan diatas talenan atau alas lainnya dengan sisi kulit menghadap ke arah anda. Buat potongan–potongan horisontal lagi sebanyak 2-3 bagian, tapi jangan sampai semangka terbelah (buatlah hanya seperti jalur saja).

Kemudian pelan-pelan masukkan ujung pisau anda ke dalam jalur yang dibuat tadi dan potong dengan hati-hati daging buah semangkanya, tapi jangan sampai terbelah. Lakukan hal yang sama pada jalur yang lain, agar menghasilkan potongan yang rapi, usahakan anda menggunakan pisau yang cukup tajam.

Setelah itu, baliklah buah semangka sehingga sekarang sisi daging buahnya yang terlihat, pelan-pelan kupaslah bagian kulitnya dengan cara memutar. Kemudian tanpa melepaskan dulu kulitnya, buatlah jalur kotak-kotak menggunakan pisau pada buahnya.

Sekarang anda bisa mengangkat potongan–potongan kubus tersebut dari kulitnya menggunakan garpu atau tusuk gigi, masukkan dalam wadah yang telah disediakan. Anda telah dapatkan daging buah semangka yang siap untuk dihidangkan.

  1. Potongan Stik

Jika anda menginginkan potongan buah semangka yang lebih besar dari bentuk kubus, maka anda bisa pakai cara yang ini untuk menghasilkan potongan persegi panjang atau stik.

Belah semangka menjadi 2 bagian seperti saat akan memotong bentuk dadu, lalu kupas kulitnya. Angkat semangka dan masukkan ke dalam wadah piring atau alas yang telah disiapkan dengan posisi tetap sama bagian datar ada di bawah.

Potonglah buah semangka sama seperti pada memotong model kubus, yaitu dengan membuat kotak-kotak, pastikan potongan anda sampai ke bagian bawah dari buah.

Setelah itu, ambillah mangkok yang cukup untuk menutupi seluruh permukaan semangka tadi, kemudian letakkan di atasnya. Pelan-pelan baliklah alas atau wadah untuk memotong tadi, sehingga potongan buah semangka berpindah ke dalam mangkok yang diletakkan diatasnya tadi. Selesai.

  1. Potongan Wedges

Potongan wedges atau sisir ini sebenarnya merupakan model klasik potongan semangka yang sering kita jumpai, dimana biasanya potongan ini masih menyertakan kulitnya. Begini tips mudah untuk mendapatkan potongan wedges buah semangka.

Ambil semangka, kemudian potonglah bagian atas dan bawahnya sedikit seperti potongan pada kelapa muda yang langsung diminum dari buahnya.

Setelah itu, buatlah potongan horisontal sama seperti pada model kubus dengan besar yang relatif sama, kira-kira sebanyak 6-8 belahan/ potongan. Kemudian potonglah semangka dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan sehingga anda mendapatkan 4 bagian sama besar (seperti bentuk tanda +)

Setelah semua bagian daging buah terpotong, maka anda akan dapatkan buah semangka yang sudah siap dimakan.

Kini anda tak perlu repot lagi untuk memotong semangka. Selamat mencoba.



Pridiyawati Purnomowulan - JV

Tim Blogger Igaligo.com Boyolali - Jawa Tengah.
Pecinta kucing sejati dan penggemar teh yang dulu kuliah psikologi karena pengen menyembuhkan diri sendiri. HRD yang lembut tapi tegas

Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 2 =