Tips Mengendalikan Diabetes Mellitus

Saudara sekalian, penyakit Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit yang sangat ditakuti karena memiliki kemampuan untuk merusak sel Beta dalam tubuh dengan sangat progresif. Keadaan ini akan menimbulkan penyempitan pembuluh darah akibat trombus sampai kerusakan saraf akibat neuropati dan dapat menyebabkan berbagai bentuk penyakit seperti penyakit jantung koroner, stroke, gangren di kaki, gagal ginjal, katarak, koma sampai kematian.

Bagi pasien yang sudah jelas menderita Diabetes Mellitus selain menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga dan rutin mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter tentunya juga harus didukung dengan pola makan yang sehat. Untuk mengendalikan Diabetes Mellitus, ada beberapa resep herbal yang bisa dikonsumsi para penderita sehingga menekan risiko terjadinya komplikasi. Ramuan herbal ini salah satu bentuk pengobatan komplementer dan alternatif. Menurut penelitian, hasilnya mampu meningkatkan metobolisme tubuh dan memperbaiki kerusakan organ.

Cara mengendalikan diabetes mellitus
Cara mengendalikan diabetes mellitus

Cara mengendalikan diabetes melitus

Berikut ini beberapa resep obat herbal bagi penderita Diabetes Mellitus.

1. Resep : Akar Astragalus

Siapkan akar Astragalus kering yang sudah dipotong-potong sebanyak 8-15 gr sampai 30-60 gr tergantung beratnya penyakit.

Cara pembuatannya dengan mencuci terlebih dahulu akar astragalus sampai bersih. Kemudian rebus akar astragalus di dalam panci bersama 4 gelas air bersih. Rebus akarnya dengan api kecil sampai air tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring. Minum sekaligus pada pagi hari. Ampas bisa direbus sekali lagi untuk diminum pada sore hari.

2. Resep : Batang Brotowali

Batang brotowali yang sudah tua, segar, atau kering sebanyak 10-15 gr.

Cara pembuatannya: pertama cuci batang brotowali lalu diiris tipis. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan dan bagi menjadi 2. Setengah gelas diminum pada pagi hari dan setengah gelas lagi diminum di sore hari.

3. Resep : Kulit Kayu Manis

Siapkan kulit kayu manis kering secukupnya.

Cara pembuatannya: pertama giling halus kulit kayu manis menjadi serbuk, lalu disimpan ke dalam toples. Seduh dengan air panas sebanyak 1-3 gr bubuk kulit kayu manis. Tutuplah cangkir agar minyak tidak menguap. Setelah dingin minumlah larutan beningnya sebanyak 2-3 kali sehari.

4. Resep : Ketan Hitam

Siapkan satu genggam ketan hitam.

Cara pembuatannya: pertama cuci terlebih dahulu ketan hitam, lalu tiriskan. Sangrai ketan hitam sampai wangi, lalu ditumbuk halus. Bila ingin dipakai ambil 2-3 sendok teh bubuk ketan hitam diseduh dengan 1 cangkir air panas. Setelah hangat, air ketan hitam dapat diminum 2-3 kali setiap hari. Setiap kali minum cukup 2 teguk.

5. Resep : Daun Lidah Buaya

Siapkan 10-15 gr daun lidah buaya segar.

Cara pembuatannya: pertama cuci bersih daun lidah buaya. Buanglah kulit dan duri lidah buaya. Lalu lendirnya dicuci. Daging daun lidah buaya dipotong kecil kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring dan minum setiap setelah makan. Masing-masing diminum setengah gelas bersama dengan potongan lidah buaya. Lidah buaya mampu mendorongg produksi insulin tubuh tanpa meningkatkan berat badan.

Demikian resep alami untuk membantu anda mengendalikan penyakit Diabetes Mellitus. Semoga bermanfaat bagi peningkatan kesehatan anda. Selamat mencoba. (SRH).


Sumber: Dirangkum dari buku Makanan dan Herbal Untuk Penderita Diabetes Mellitus



Artikel ini masuk dalam bahasan:

- upaya yang dapat dilakukan untuk mrngendalikan diabetes melitus - sebutkan upaya yang dapat dilakukan untuk mengendalikan diabetes mellitus

Silvia Rotua Hotnida (SRH) - JV

Tim Blogger Igaligo.com

Latest posts by Silvia Rotua Hotnida (SRH) - JV (see all)

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 20 =