Tips Membuat Losion Sendiri

Menemukan losion yang cocok untuk jenis kulit anda mungkin tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Terutama bagi anda yang memiliki jenis kulit yang sensitif yang tidak bisa sembarangan menggunakan lotion dan produk kosmetika lainnya. Salah satu solusi bagi anda yang belum menemukan jenis produk perawatan kulit yang sesuai atau yang memiliki kulit sensitif, anda bisa membuat sendiri di rumah.

Membuat losion sendiri di rumah ternyata tidaklah serumit yang anda bayangkan. Beberapa bahan memang mungkin tidak dijual bebas di pasaran, tapi anda bisa membelinya di toko online.  Bahan-bahan dan peralatan yang harus anda siapkan untuk membuat losion sendiri di rumah adalah:

  • Panci teflon yang memiliki diameter cukup lebar.
  • Panci teflon dengan diameter lebih kecil
  • Gelas pirex atau stainless anti panas
  • Botol/ wadah kaca yang ada tutupnya
  • Blender tangan
  • ¼ cangkir minyak jojoba
  • ¼ cangkir minyak kelapa
  • 3 sendok makan beeswax atau lilin lebah (anda bisa membeli secara online)
  • 2 sendok makan cocoa butter atau mentega coklat (beli online)
  • 1 cangkir air mineral

Cara Membuat Lotion Racikan Sendiri

Cara Membuat Lotion Racikan Sendiri
Cara Membuat Lotion Racikan Sendiri

Jika semua alat dan bahan yang anda perlukan untuk membuat losion sendiri sudah siap, maka anda bisa memulai langkah demi langkah untuk membuat losion.

  1. Masukkan minyak jojoba, minyak kelapa, mentega coklat dan lilin lebah ke dalam panci yang ukuran kecil. Mentega coklat biasanya berbentuk padat, jadi anda bisa memarutnya terlebih dahulu agar lebih cepat meleleh. Siapkan panci yang besar atau anda juga bisa menggunakan wajan teflon yang memiliki ukuran cukup besar. Tambahkan air setinggi 3 cm ke dalam panci kemudian letakkan di atas kompor dan panaskan. Letakkan panci yang kecil dan berisi bahan-bahan losion tadi di atas panci besar/ wajan teflon seperti jika anda melelehkan coklat (seperti di tim). Tunggu sampai bahan-bahan tadi meleleh, kemudian angkat dari api.
  2. Buanglah air bekas untuk memanaskan tadi, kemudian gantilah dengan air hangat. Ambil botol / wadah kaca yang sudah disiapkan, isilah dengan air mineral kemudian letakkan di atas panci berisi air hangat tersebut. Begitu juga dengan panci kecil berisi bahan pembuat losion tadi. Tujuannya ialah agar didapatkan suhu ruangan pada air mineral dalam wadah kaca dan bahan losion di dalam panci. Gunakan jari anda untuk mengetes suhu air.
  3. Jika sudah tercapai suhu ruangan, masukkan bahan losion yang ada di dalam panci tadi ke dalam botol/ wadah kaca. Ambil blender tangan kemudian blenderlah campuran bahan dan air mineral dalam wadah kaca dengan kecepatan rendah.
  4. Blender bahan hingga terbentuk krim lembut seperti tekstur losion yang biasa anda temui di pasaran. Waktu yang dibutuhkan hingga terbentuk krim sekitar 5-8 menit. Jika anda ingin memberikan aroma tertentu pada losion, anda bisa menambahkan minyak esensial sesuai selera anda.
  5. Jika proses pemblenderan sudah selesai, tutuplah botol/ wadah dengan rapat untuk menjaga kualitas losion. Losion buatan sendiri bisa disimpan selama 2-3 bulan.

Demikianlah Cara Membuat Lotion Racikan Sendiri, semoga bermanfaat.



Pridiyawati Purnomowulan - JV

Tim Blogger Igaligo.com Boyolali - Jawa Tengah.
Pecinta kucing sejati dan penggemar teh yang dulu kuliah psikologi karena pengen menyembuhkan diri sendiri. HRD yang lembut tapi tegas

Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + fourteen =