Silika Gel dan 7 Cara Menggunakannya?

Silika Gel adalah penyerap bau dan lembab yang biasanya dikemas dalam kantong kecil dan disertakan di dalam dus produk makanan dan juga kotak pakaian. Banyak orang membuang Silika Gel setelah membuka dus makanan karena menyangka hanya berguna pada saat masih di dalam kemasan saja, dan menganggap berbahaya bahkan beracun bila dibiarkan terlalu lama.

Sebenarnya Silica Gel dapat bertahan lama dan digunakan sebagai penyerap air dan penetralisir bau tak sedap di berbagai peralatan dan perlengkapan sehari-hari.

Cara menggunakan silica gel
Cara menggunakan silica gel (Ilustrasi/By No machine-readable author provided. Clemente assumed (based on copyright claims). [Public domain], via Wikimedia Commons)
Berikut ini cara menggunakan Silica Gel :

  1. Taruh Silika Gel pada lemari buku dan pakaian, tas, juga sepatu bila sedang tidak digunakan, agar bau tak sedap dan kadar air karena lembab dan basah akan berkurang. Barang akan lebih kuat dari serangan jamur dan menguning karena lembab.
  2. Taruh beberapa kantong Silika Gel di dekat kaca bagian dalam mobil atau kaca jendela bagian dalam rumah anda. Secara otomatis, Silika Gel akan membuat kaca tetap kesat dan kering, terbebas dari embun yang menghalangi penglihatan. Sehingga dapat menghemat waktu dan tidak perlu repot sering melap kaca mobil dan jendela rumah.
  3. Simpan Silika Gel di dekat peralatan dapur agar panci dan alat masak lebih terjaga dari karat. Kadar air dan pencucian akan diserap Silika Gel sehingga barang lebih awet.
  4. Untuk mengatasi lembab di gudang, simpanlah beberapa Silika Gel agar bau tak sedap dan lembab tidak tercium saat anda membuka gudang.
  5. Simpan peralatan anda yang terbuat dari bahan logam, seperti perhiasan, gunting, pisau bersama Silika Gel. Hal ini akan membuat barang berbahan logam tidak kusam akibat lembab dan juga tahan karat untuk besi dan baja berlapis.
  6. Taruh pula Silika Gel pada dompet anda, agar bau dari aneka uang dan kartu yang ada di dalamnya tidak akan menusuk hidung saat dibuka.
  7. Bila ingin tempat sampah di dalam rumah tidak mengeluarkan bau terlalu tajam, taruhlah Silika Gel di dekat tempat sampah atau gantungkan di bibir tempat sampah agar rumah anda terbebas dari bau tak sedap.

Setelah tahu kegunaan dan cara menggunakan Silika Gel tentu sayang bila dibuang bukan? Hanya yang harus diperhatikan ialah hindari Silika Gel dari jangkauan anak, karena bila termakan akan berbahaya. (SRH)



Artikel ini masuk dalam bahasan:

- cara menggunakan silica gel - caa menggunakan silica gel - fungsi silica gel pada se - cara penggunaan silika - cara penggunaan silica gel pada sepatu - cara pemakaian silica gel - cara menggunakan silica gel untuk sepatu - cara menggunakan silica gel pada sepatu - cara menggunakan silica gel pada makanan - Cara menggunakan silica gel dengan lagu

Silvia Rotua Hotnida (SRH) - JV

Tim Blogger Igaligo.com

Latest posts by Silvia Rotua Hotnida (SRH) - JV (see all)


Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × one =