Khasiat Jagung Muda untuk Menyamarkan Bekas Luka

Luka yang disebabkan oleh goresan benda tajam, infeksi penyakit, luka bakar, dan lain sebagainya sering menimbulkan bekas yang tidak menyenangkan. Terlebih jika bekas luka tersebut terletak di bagian-bagian yang mudah terlihat seperti wajah, tangan, kaki. Noda-noda di bagian tersebut membuat kepercayaan diri Anda menurun. Berbagai cara Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka tersebut dan terkadang melupakan keamanannya. Namun terdapat cara memudarkan bekas luka yang aman karena menggunakan bahan alami yakni dengan jagung muda. Ingin tahu lebih lanjut tentang pemanfaatan jagung muda dalam menyamarkan bekas luka? Silahkan simak uraian di bawah ini!

Manfaat Jagung Muda

Selain enak dimakan, ternyata jagung muda sudah sejak lama berperan sebagai bahan perawatan kecantikan. Kandungan Vitamin C, Vitamin A, antioksidan, air, dan pati yang cukup tinggi sangat cocok untuk perawatan kulit tubuh.

Manfaat jagung muda
Manfaat jagung muda (Ilustrasi/By Midori (Own work) [GFDL  or CC BY 3.0 ], via Wikimedia Commons)
Kandungan Lycopen yang terdapat pada jagung muda sangat tinggi sehingga perpaduannya dengan vitamin C dan antioksidan akan sangat kuat untuk melawan radikal bebas, menghaluskan kulit, dan mengangkat sel kulit mati.

Dengan demikian tidak diragukan lagi bahwa jagung muda sangat bermanfaat untuk menyamarkan bahkan melenyapkan bekas luka yang Anda miliki. Caranya, Anda hanya perlu membuat masker dari jagung muda ini dan diaplikasikan ke bagian tubuh Anda yang terdapat bekas luka. Cara ini cukup ampuh menyamarkan bekas luka asalkan Anda sabar dan telaten mengaplikasikan tips ini paling tidak 2 kali seminggu.

Cara Membuat Masker Jagung Muda

Untuk memanfaatkan jagung muda sebagai penyamar bekas luka, cara yang paling mudah ialah dengan mengolah jagung muda menjadi masker. Langkah-langkah pembuatan masker ialah sebagai berikut

  1. Cari jagung yang benar-benar masih muda dan berkadar air tinggi
  2. Kupaslah jagung tersebut dari kulitnya, dan bersihkan dari rambut jagung yang menempel
  3. Setelah kulit jagung dan rambut benar-benar bersih, silahkan cuci jagung muda dengan air mengalir
  4. Jika sudah, parut jagung muda tersebut dan tampung pada sebuah wadah
  5. Aplikasikan masker tersebut pada bagian tubuh yang terdapat bekas luka. Bisa diaplikasikan seperti menggunakan lulur, atau cukup dioleskan pada bagian yang diinginkan saja
  6. Tunggu sampai masker kering. Kurang lebih 20 – 30 menit.
  7. Jika sudah kering, basuhlah dengan air hingga bersih. Gunakan air hangat untuk basuhan pertama, dan air dingin untuk basuhan selanjutnya. Basuh sampai bersih agar tidak menyumbat pori-pori.
  8. Jika memungkinkan, lakukan cara ini setiap hari. Atau paling tidak 2 kali dalam satu minggu agar mendapatkan hasil optimal.

Mudah bukan cara membuat masker jagung muda? Teknik menyamarkan bekas luka ini merupakan tips alami sehingga mungkin hasilnya tidak secepat jika dibandingkan dengan menggunakan bahan kimia. Namun demikian, tips ini bebas efek samping dan sangat aman. Rutinlah menggunakan masker ini agar proses memudarkan bekas luka menjadi lebih optimal. Selamat mencoba!



Artikel ini masuk dalam bahasan:

- jagung muda untuk bekas luka - jagung penghilang - manfaat jagung untuk bekas luka

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + twelve =