Ketahui Cara Membersihkan Peralatan Masak Dari Keramik Dengan 2 Trik Ini



Bagi anda yang memiliki hobi atau sering memasak, pastinya juga memiliki koleksi peralatan dapur dan peralatan masak yang bermacam-macam. Selain merupakan aktivitas dan rutinitas harian terutama bagi kaum wanita serta ibu rumah tangga, masak juga merupakan hobi bahkan mata pencarian. Dan di jaman sekarang ini, bahkan sudah banyak pria yang tertarik dengan dunia masak-memasak dan menjadikan profesi chef sebagai pilihan hidupnya.

Beberapa peralatan masak yang biasa kita pakai dan bisa kita temukan sehari-hari tidak semuanya aman untuk kita dengan penggunaan jangka panjang. Peralatan masak yang terbuat dari alumunium murni sebaiknya dihindari, karena kurang baik bagi kesehatan. Sedangkan jika anda menginginkan peralatan masak yang food grade atau aman bagi tubuh, salah satunya ialah peralatan makan yang terbuat dari keramik.

cara membersihkan peralatan dapur dari keramik
cara membersihkan peralatan dapur dari keramik

Masalahnya, peralatan makan dari keramik harganya tidak murah sehingga jika anda memiliki perabotan jenis ini, maka anda harus berhati-hati dalam merawatnya.  Membersihkan peralatan makan dari keramik harus dilakukan sesegera mungkin begitu selesai digunakan. Anda harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan peralatan makan dari keramik yang anda miliki. Ada beberapa jenis keramik yang biasanya dibuat menjadi peralatan makan, yaitu porselin, stoneware dan earthenware. Beda jenis keramiknya maka akan berbeda pula cara membersihkannya.

  1. Membersikan Peralatan Makan Keramik Porselin Dan Earthenware

Cara membersihkan peralatan makan keramik jenis porselin dan earthware cukup mudah. Peralatan makan porselin biasanya berwarna putih bersih, sedangkan earthenware atau bisa juga disebut tembikar adalah keramik terbuat dari tanah liat yang juga banyak mengandung campuran bahan lain dan dibakar pada suhu 1000°C-3500°C.

Untuk membersihkan kedua jenis peralatan makan keramik ini cukup mudah. Larutkan 2 sendok makan cairan pencuci piring ke dalam bak wastafel. Cucilah peralatan di dalam wastafel dan gunakan spons atau kawat nilon untuk membersihkannya. Gosok secara perlahan pada permukaannya untuk menghilangkan bekas makanan yang menempel.

BACA JUGA  4 Langkah Mengenali Kesegaran Daging Sapi Kemasan

Jika kotoran sulit untuk dihilangkan, maka rendam peralatan makan anda selama 30 menit baru dicuci kembali. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan lap bersih.

  1. Membersihkan Peralatan Makan Keramik Stoneware

Jenis peralatan makan keramik yang lainnya biasa disebut dengan stoneware. Stoneware adalah keramik dengan bahan dasar tanah liat yang bersifat silika dan dapat mengalami perubahan karena proses pembakaran pada suhu 1150°C-1300°C. Cara membersihkan peralatan masak jenis ini yaitu cucilah dengan air hangat untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel. Gosoklah stoneware dengan sikat berbulu halus atau kawat nilon pada bagian yang kotor. Jangan menggunakan sabun untuk membersihkan keramik jenis ini, karena bisa merusak lapisannya.

Setelah itu, bilas dengan air hangat sampai bersih dan keringkan dengan menggunakan lap bersih.



Artikel Terkait dan Link Sponsor

Ketahui Cara Membersihkan Peralatan Masak Dari Keramik Dengan 2 Trik Ini Post in | Last updated: May 18th, 2017
Gravatar Image
Tim Blogger Igaligo.com Boyolali - Jawa Tengah. Pecinta kucing sejati dan penggemar teh yang dulu kuliah psikologi karena pengen menyembuhkan diri sendiri. HRD yang lembut tapi tegas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − five =