Cara Membuat Lonceng Angin

Lonceng merupakan simbol, tanda atau peringatan saat dibunyikan. Genta angin merupakan lonceng yang dapat dijadikan bel rumah juga hiasan. Beraneka bahan dari kaca, logam, aluminium, kayu, bambu, keramik, dan kaleng yang dapat menghasilkan bunyi saat beradu, dapat dikreasikan menjadi ornamen yang satu ini.

Selain berfungsi sebagai ornamen, genta angin atau lonceng angin dipercaya sebagai benda pembawa keberuntungan bagi penghuni rumah. Entah fakta atau mitos, yang pasti suara gemerincingnya terdengar merdu ketika tertiup angin.

Membuat lonceng angin sendiri
Membuat lonceng angin sendiri (Ilustrasi/pixabay)

Untuk mendapatkan bunyi indahnya, kita bisa membuatnya sendiri dengan cukup mudah. Berikut cara membuatnya.

Untuk membuat dari bahan bambu, cukup belah bambu menjadi empat bagian dengan panjang sesuai selera. Bambu diamplas dan boleh dicat pernis lalu dikeringkan. Lubangi masing-masing bagian atas potongan bambu dengan paku, lalu ikatkan tali pada tiap lubang secara terpisah. Setelah seluruh potongan diikat dengan tali terpisah, gabungkan tali dengan mengikatkannya dan gantung di depan pintu.

Dari bahan lain juga dengan mudah kita bisa kumpulkan beberapa tutup botol bekas dari kaleng. Lubangi setiap tutup botol kaleng kecap atau minuman botol soda, lalu ikatkan pada tali kasur atau benang layangan. Buat beberapa rantai dengan jarak yang sama, kemudian gabung dengan mengikat bagian atasnya pada tutup kaleng susu yang agak lebar dan sudah dilubangi keliling untuk ikatan dengan diberi jarak. Lubangi bagian tengah kaleng dan ikat, kemudian gantungkan pada bagian rumah yang sering diterpa angin.

Untuk genta dari bahan kaca, mudahnya terbuat dari gelas yang dilubangi bagian dasarnya untuk ikatan. Memang lebih cantik dan indah dengan bahan ini bila memiliki gelas yang sama. Gantungkan bahan kaca seperti bandul, lalu ikatkan menggantung di dalamnya. Anda dapat menggantungkan kelereng, gelas mini, atau hiasan kaca sebagai mata lonceng. Buatlah beberapa, dan susun berdekatan agar saat angin menerpa akan menghasilkan nada yang indah saat beradu.

Sama halnya dengan bahan keramik. Kumpulkan beberapa hiasan kecil dari bahan keramik lalu ikatkan dengan pita tipis atau benang nylon. Buatlah beberapa hiasan dalam satu tali. Satukan bagian atasnya dengan ikatan lainnya, bisa dibantu dengan stik agar tergantung rapi. Lewat kreasi buatan sendiri kita dapat melatih keterampilan dan bisa menjadi kado manis bagi teman dekat yang menjadi pengingat kita saat berbunyi.(SRH)



Artikel ini masuk dalam bahasan:

- cara membuat lonceng angin - cara membuat lonceng angin bambu - cara membuat lonceng angin Dari Bambu - bel angin yg paling sederhana - membuat genta angin - lonceng angin membuat bambu - cara membuat lonceng bambu - cara membuat lonceng angin sederhana - cara membuat lonceng angin dari barang bekas - cara membuat genta angin dari bambu

Silvia Rotua Hotnida (SRH) - JV

Tim Blogger Igaligo.com

Latest posts by Silvia Rotua Hotnida (SRH) - JV (see all)


Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 4 =