7 Trik Memasak Brokoli Agar Gizinya Tetap Terjaga



Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan gizi sangat baik bagi tubuh kita. Brokoli merupakan sayuran dari keluarga kubis-kubisan yang banyak mengandung vitamin, seperti Vitamin A, C, B, C, dan K. Selain itu, brokoli juga mengandung mineral penting, yaitu kalsium dan zat besi. Brokoli juga bisa dijadikan alternatif sumber kalori selain karbohidrat.

Beberapa manfaat terbaik brokoli bagi tubuh antara lain sebagai zat penurun kandungan kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang terlalu banyak di dalam darah kita bisa mengakibatkan terjadinya penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung. Brokoli juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah, menjaga sistem imun tubuh, melancarkan pencernaan dan manfaat baik lainnya.

Memasak brokoli
Memasak brokoli (Ilustrasi/pixabay)

Tetapi sebagaimana kebanyakan sayuran dan makanan sumber vitamin lainnya, brokoli sebaiknya tidak dimasak atau dipanaskan terlalu lama, karena bisa merusak kandungan beberapa vitamin dan mineral di dalamnya. Diperlukan trik-trik khusus agar brokoli yang kita olah masih terjaga kandungan gizinya sehingga kita bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Agar brokoli tidak kehilangan banyak kandungan gizinya, anda bisa mengikuti 7 trik memasak brokoli seperti di bawah ini:

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah bersihkan brokoli, sebaiknya cucilah dengan air mengalir. Kemudian pisahkan mahkota brokoli dari tangkainya, untuk membersihkannya dari ulat yang mungkin sembunyi di dalam mahkota brokoli, rendam mahkota brokoli di dalam air garam.
  2. Setelah itu, siapkan panci bersih, isilah dengan air garam kemudian masukkan brokoli, dan rebus selama 4-7 menit sampai sudah terasa cukup empuk.
  3. Setelah direbus, angkat brokoli dari panci. Langkah selanjutnya ialah kukuslah brokoli tadi selama sekitar 3-5 menit.
  4. Selesai dikukus, anda teruskan ke langkah selanjutnya, yaitu masak brokoli dengan menggunakan microwave. Sebelum dimasukkan ke dalam microwave, letakkan brokoli ke dalam wadah yang bisa digunakan untuk microwave, beri sedikit air, kemudian tutuplah dengan menggunakan alumunium foil atau plastic wrap yang bisa anda beli di supermarket. Masak selama 3-5 menit.
  5. Setelah selesai proses pengolahan dengan menggunakan microwave, ambil brokoli, buka tutupnya, kemudian taruh di atas piring. Tambahkan bawang putih, minyak zaitun dan lada, diamkan selama 5 menit.
  6. Langkah selanjutnya, aduk secara perlahan brokoli selama 3 menit agar bawang dan bumbu lainnya lebih merata.
  7. Sajikan brokoli dengan toping krim keju, air perasan jeruk lemon, mentega dan sedikit garam. Anda tinggal menikmati brokoli anda dengan kandungan gizi yang masih terjaga kualitasnya. Nikmat dan juga sehat.
BACA JUGA  9 Tips Dasar Menjaga Kesehatan


Artikel Terkait dan Link Sponsor

7 Trik Memasak Brokoli Agar Gizinya Tetap Terjaga Post in | Last updated: April 19th, 2017
Gravatar Image
Tim Blogger Igaligo.com Boyolali - Jawa Tengah. Pecinta kucing sejati dan penggemar teh yang dulu kuliah psikologi karena pengen menyembuhkan diri sendiri. HRD yang lembut tapi tegas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =