7 Tips Untuk Menjadi Pembawa Acara Bagi Pemula

Hi guys, jika di postingan sebelumnya saya membahas tentang 7 tips agar lebih cepat menghafal lagu dalam Bahasa Inggris, kali ini saya akan membahas tentang tips–tips juga, namun kali ini bukanlah tips yang berkenaan dengan lagu ataupun dengan Bahasa Inggris, namun berkenaan dengan pembawa acara.
Penasaran?
Yuk kita intiiip

Tips menjadi pembawa acara bagi pemula
Tips menjadi pembawa acara bagi pemula (Ilustrasi/youtube)

Anda tertarik ingin menjadi pemandu pada suatu acara ? namun masih bingung cara untuk membawakan acara tersebut karena masih pemula?
Tenaang tenaang guys
Di sini solusinya!!

Sebagai seorang masyarakat ataupun pelajar tentunya di daerah sekitar kita banyak sekali bukan, acara–acara tersebut terdiri dari acara yang formal maupun nonformal. Seperti yang kita ketahui tentunya berbeda membawakan acara yang resmi maupun tidak resmi. Di manakah letak perbedaan dari kedua acara ini?
Letak perbedaan yang pertama ialah di intonasi. Intonasi yang dipakai dalam acara non resmi terkesan lebih rilex dan have fun.
Kemudian letak perbedaan yang kedua ialah di vocal. Penggunaan vocal dalam acara formal terkesan lebih bulat karena menggunakan suara dalam yang tentunya akan lebih mempertegas kesan formal dalam acara tersebut

Ok guys, itu hanyalah salah satunya saja untuk sebatas menambah ilmu pengetahuan yang anda miliki.
Selanjutnya kita balik lagi ke judul di atas yaitu tips untuk menjadi pembawa acara bagi pemula. Saya akan memberitahukan kepada kalian khususnya bagi pembawa acara yang masih pemula atau baru memasuki dunia pemandu acara ini tentang tips-tips yang akan saya bahas di bawah ini.
Setelah anda dikonfirmasi untuk menjadi pemandu sebuah acara, barulah kita akan melakukan tips cantik berikut

  1. Surveilah terlebih dahulu lokasi tempat akan membawakan acara tersebut.

Namun pasti anda bertanya–tanya, untuk apa mensurvei lokasi tersebut, jika bisa bertanya kepada panitianya secara langsung atau lewat media sosial. Memang tak ada yang melarang untuk bertanya kepada panitia. Karena mungkin apa yang anda tanyakan dijawab dengan seadanya saja, atau tak mendetail, atau mungkin panitianya tersebut melupakan sesuatu yang penting sehngga anda tak dapat mengetahui segalanya secara mendetail. Karena masih pemula, ada baiknya kita menyurvei lokasi tersebut untuk bisa menguasai acara yang nantinya akan dibawakan. Ya, barangkali di dalamnya terdapat fasilitas–fasilitas pendukung yang belum pernah anda temui sebelumnya dan anda tak bisa menggunakannya, atau mungkin ada orang–orang yang tak terduga yang akan datang pada saat acara tersebut dimulai yang anda ketahui dari daftar tamu undangan saat anda datang ke lokasi tersebut yang tentunya sudah ditata sedemikian rupa beberapa hari sebelum acara dimulai.

2. Menguasai atau memahami kondisi acara yang akan kita bawakan, dan anda harus benar–benar tahu acara yang akan kita bawakan tersebut.

Sehingga selain bisa menguasai panggung anda juga harus menyatu dalam acara tersebut. Walaupun saat itu anda baru saja melakukan adaptasi di acara dan tempat tersebut untuk pertama kalinya. Namun layaknya seorang profesional tunjukkan kemampuan anda semaksimal yang anda bisa, tunjukkan bahwa anda seorang yang paling tahu tentang acara yang sedang anda bawakan, cara ini efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri anda. namun yang perlu anda ingat ialah harus tetap mendengarkan masukan dari orang lain agar tak terkesan sok tahu.

3. Membuat konsep untuk acara tersebut.

Karena tentu setelah mensurvei lokasi dan memahami kondisi acara tersebut anda sudah mendapat gambaran, misalnya apa saja yang boleh anda lakukan dan apa saja yang tidak boleh anda lakukan pada saat itu, siapakah yang memiliki jabatan teratas untuk disebutkan namanya pertama kali, apa saja yang akan ditampilkan dalam acara tersebut, apakah hal tersebut perlu diselingi hiburan atau tidak dan hal lain yang sangat menunjang anda menjadi pembawa acara yang ideal. Terkadang pengetahuan–pengetahuan seperti ini juga akan membuat orang lain memberikan nilai plus dari diri anda.

4. Menyesuaikan diri anda dengan tema, yang perlu disesuaikan diantaranya pembawaan diri, intonasi yang digunakan, dan penampilan.

Misalnya anda membawakan diri anda sebagai pembawa acara layaknya seorang reporter berita, senaiknya anda benar benar mengetahui posisi anda di acara tersebut.

Dalam intonasi, jika anda sedang di acara formal beritonasilah layaknya pembawa acara pada acara formal, yaitu dengan penekanan suara, pembulatan suara, dan tinggi rendahnya suara pada saat–saat tertentu.

Dari hal penampilan, penampilan juga sangat penting bagi seorang pembawa acara, seorang pembawa acara haruslah menarik karena menjadi pusat perhatian, namun penampilan yang menarik juga harus disesuaikan dengan tema misalnya anda pembawa acara pada saat peringatan R.A Kartini, namun pakaian yang anda kenakan pakaian untuk berolahraga, tentu sangat tak etis bukan? Jadi berbusanalah sesuai dengan tema acara yang ditentukan. Jadi saat menjadi pembawa acara pada hari peringatan R.A Kartini hendaklah mengenakan kebaya agar terlihat lebih matching dalam membawakan acara.

5. Datanglah lebih awal untuk mengisi suatu acara.

Sebenarnya bukan hanya untuk pembawa acara saja datang lebih awal untuk persiapan suatu acara, karena biasanya sebelum acara dimulai akan diadakan gladi bersih dan kotor. Namun jika sang pengisi acara saja khususnya pembawa acara, datang terlambat, bagaimana bisa melakukan gladi tersebut? Dan bagaimana juga bisa tahu apa saja yang ditambahkan dan dikurangi dari konsep yang telah kita buat tadi. Dan bagaimana pula acara itu akan berjalan jika pembawa acaranya yang terlambat. Maka dari itu untuk menambah profesional dalam diri sendiri ada baiknya datang sebelum acara dimulai.

6. Jika anda memiliki partner dalam membawakan acara, ada baiknya anda meminta contact partner anda tersebut, agar lebih banyak terjalin komunikasi di antara anda.

Selain sebagai ajang menambah pertemanan, kegiatan ini juga dilakukan untuk menyatukan pikiran kalian sehingga ketika membawakan acara tidak kaku, maka bekerja samalah dengan partner anda agar acara yang anda bawakan sukses. Jangan merasa lebih baik dari partner anda dan jangan pula merasa rendah diri atau pesimis terhadap partner anda, jalinlah kekompakan yang membuat kalian lebih terlihat serasi.

7. Jangan pernah mengharapkan atau memperkirakan uang yang anda terima, jika anda tidak ingin kecewa karena tak jarang seorang pengisi acara hanya mendapat upah yaitu sekotak nasi saja.

Terimakasih, semoga bermanfaat



Artikel ini masuk dalam bahasan:

- cara menjadi mc yang lucu - cara menjadi mc - belajar mc - trik jadi mc - tips menjadi mc pemula - cara belajar untuk menjadi presenter - cara jadi host - cara mc lucu - tips menjadi mc untuk pemula - cara menjadi mc yang baik


Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + thirteen =