5 Tips Ampuh Untuk Mengurangi Inflamasi



Inflamasi adalah reaksi tubuh terhadap suatu mikroorganisme dan juga benda asing yang ditandai dengan panas, bengkak, nyeri dan gangguan pada fungsi organ tubuh. Peristiwa inflamasi yang paling sering ditemui salah satunya ialah inflamasi pada gusi karena bakteri yang masuk pada gigi  berlubang dan menyebabkan rasa nyeri. Inflamasi memang lebih sering dikenal dengan istilah pembengkakan pada bagian tubuh tertentu walaupun sebenarnya inflamasi berarti peradangan.

Inflamasi atau peradangan biasanya dibagi menjadi 2 jenis, yaitu peradangan akut yaitu peradangan yang terjadi dalam waktu singkat. Contoh dari peradangan akut ialah sakit tenggorokan, flu, pilek atau tergoresnya permukaan kulit sehingga menimbulkan luka. Sedangkan jenis yang kedua ialah peradangan atau inflamasi kronis, yaitu peradangan jangka panjang dan biasanya disebabkan oleh penyakit tertentu yang diderita, misalnya diabetes, TB dan lainnya.

cara mengurangi inflamasi
cara mengurangi inflamasi

Bagi anda yang sedang mengalami gejala inflamasi atau peradangan, maka sebaiknya anda mengetahui bagaimana cara yang tepat, mudah dan ampuh untuk mengurangi inflamasi. Mungkin selama ini anda tidak mengetahui bahwa jenis makanan yang anda konsumsi bisa mengurangi efek inflamasi. Berikut 5 cara mengurangi inflamasi lewat makanan yang cukup ampuh.

  1. Hindari Makan Biji-bijian Halus

Biji-bijian halus yang dimaksud di sini ialah hasil dari penggilingan atau biji yang sudah mengalami proses penghalusan sehingga kandungan gizinya, seperti serat sudah berkurang bahkan hilang. Disarankan untuk lebih memilih produk “whole grain” seperti roti gandum dibandingkan dengan roti putih/ tawar biasa. Pilihlah beras merah daripada nasi putih dari beras biasa.

  1. Hindari Minum Diet Soda

Soda memiliki kandungan kalori dan gula yang tinggi, sehingga sangat tidak disarankan, bahkan dalam minuman soda yang mengklaim produknya sebagai produk diet. Pemanis dalam diet soda ternyata bisa memicu insulin sehingga akan bisa menyebabkan diabetes tipe 2.

  1. Hindari Konsumsi Makanan Olahan
BACA JUGA  7 Trik Memasak Brokoli Agar Gizinya Tetap Terjaga

Makanan olahan atau processed food memiliki efek yang hampir sama dengan minuman soda terhadap tubuh. Makanan olahan biasanya mengalami penambahan pemanis dalam produknya. Selain pemanis (pada umumnya pemanis buatan), makanan olahan juga mengandung pengawet dan bahan-bahan sintetis lainnya yang menjadikan produk ini masuk dalam golongan junk food (makanan sampah).

  1. Kurangi Gula

Fakta yang cukup mencengangkan ialah ternyata gula disinyalir sebagai penyebab utama terjadinya peradangan atau inflamasi pada tubuh kita. Konsumsi gula yang berlebihan dapat memicu dan menyebabkan serangan jantung, diabetes, obesitas, penuaan dini pada kulit, dan bahkan kanker.

  1. Konsumsi Minyak Sehat

Tips terakhir dalam 5 cara mengurangi inflamasi ialah pilihlah minyak yang sehat sebagai bagian dari diet anda sehari-hari. Jenis minyak yang bisa mengurangi dan melawan inflamasi ialah minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak makademia.



Artikel Terkait dan Link Sponsor

5 Tips Ampuh Untuk Mengurangi Inflamasi Post in | Last updated: June 5th, 2017
Gravatar Image
Tim Blogger Igaligo.com Boyolali - Jawa Tengah. Pecinta kucing sejati dan penggemar teh yang dulu kuliah psikologi karena pengen menyembuhkan diri sendiri. HRD yang lembut tapi tegas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 2 =