4 Tips aman dan nyaman mudik malam hari



Libur panjang sudah tiba. Liburan yang cukup panjang ini banyak dimanfaatkan orang-orang untuk berlibur di kampung halaman. Mungkin anda salah satunya yang juga sedang bersiap-siap melakukan perjalanan mudik liburan. Perjalanan mudik ke kampung halaman merupakan perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan. Oleh karena itu, anda harus benar-benar menyiapkan segala sesuatunya sebelum anda berangkat untuk mudik. Terlebih lagi apabila anda dan keluarga memilih untuk melakukan perjalanan mudik di malam hari.

Tips aman dan nyaman mudik malam hari
Tips aman dan nyaman mudik malam hari (Ilustrasi/pixabay)

Beberapa orang memang memiliki alasan untuk memilih melakukan perjalanan mudik di malam hari, diantaranya untuk menghindari kemacetan dan panasnya terik matahari. Namun, melakukan perjalanan jauh malam hari juga memiliki banyak risiko. Nah, bagi anda yang akan melakukan perjalanan mudik di malam hari, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan.

1. Istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan

Gangguan utama yang akan anda hadapi ketika melakukan perjalanan mudik di malam hari ialah rasa kantuk. Hal ini disebabkan karena biasanya malam hari merupakan waktunya tubuh anda untuk beristirahat. Jadi, jika anda berencana untuk melakukan perjalanan mudik di malam hari, anda harus benar-benar beristirahat cukup sebelumnya.

2. Membawa bekal makanan yang cukup

Apabila anda melakukan perjalanan mudik di siang hari, anda bisa dengan mudah membeli makanan atau cemilan di toko-toko atau warung yang banyak tersedia di sepanjang perjalanan. Namun, lain halnya jika anda melakukan perjalanan mudik di malam hari. Tidak terlalu banyak toko-toko atau warung makanan yang buka 24 jam. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda membawa bekal makanan atau cemilan dari rumah untuk berjaga-jaga apabila anda dan keluarga kelaparan di tengah jalan dan tidak menemukan penjual makanan. Tips ini juga bisa membuat anda lebih menghemat pengeluaran selama perjalanan loh.

3. Mengecek keadaan kendaraan dan membawa peralatan bengkel

Hal ini berlaku apabila anda melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi. Sebelum anda berangkat, anda harus benar-benar mengecek keadaan kendaraan anda, apakah sudah layak jalan atau belum. Anda juga sebaiknya membawa peralatan dan perlengkapan seperti ban cadangan dan beberapa kunci bengkel untuk berjaga-jaga apabila di malam hari terjadi sesuatu pada kendaraan anda. Antisipasi ini diperlukan karena di malam hari anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk mencari bengkel yang masih buka.

4. Hindari jalur alternatif

Apabila anda melakukan perjalanan mudik di malam hari, lebih baik anda tetap menggunakan jalur utama dan menghindari jalur alternatif. Biasanya, jalur alternatif yang ada masih minim penerangan cahaya, apalagi jika anda melaluinya pada malam hari. Maka, untuk keamanan dan kenyamanan anda, lebih baik tetap menggunakan jalur utama yang sudah memiliki penerangan yang cukup.



Artikel ini masuk dalam bahasan:

- berangkat mudik malam - mudik malam hari - tips mudik malam

Artikel Terkait dan Link Sponsor

4 Tips aman dan nyaman mudik malam hari Post in | Last updated: May 5th, 2016
Gravatar Image
Founder iGaligo - Full time Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four − two =