12 Cara Menggunakan Madu untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Madu memberi banyak manfaat untuk kecantikan, sehingga banyak perusahaan kosmetik menjadikan madu sebagai bahan utama untuk produk kecantikan mereka. Meski begitu, manfaat madu dari produk kosmetik tidak sebaik dari madu murni. Menggunakan madu murni untuk perawatan kulit memang lebih merepotkan dibanding menggunakan produk kosmetik, tapi hasilnya sepadan. Dari melembapkan kulit, sampai mengatasi masalah kulit serius seperti eczema dan psoriasis prone bisa dilakukan oleh madu murni. Karena madu murni mengandung banyak vitamin, mineral, anti oksidan, anti bakteri, dan anti inflamasi.

Cara menggunakan madu untuk perawatan kulit dan rambut
Cara menggunakan madu untuk perawatan kulit dan rambut (Ilustrasi/ABSFreepic)

Bagaimana cara menggunakan madu untuk perawatan kulit dan rambut? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Sebagai pelembap alami

Madu memiliki efek menenangkan, melembapkan, dan menghidrasi. Menggunakan madu murni sebagai masker wajah, baik dipakai sendiri atau dicampur dengan bahan alami lain, bisa memberi manfaat yang baik untuk kulit. Gunakan masker madu selama sekitar 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil terbaik, gunakan masker madu setidaknya dua kali per minggu.

2. Sebagai anti penuaan (Anti aging agent)

Kulit kering dan kotor merupakan penyebab utama penuaan dini, karena itu kulit harus selalu dijaga kebersihan dan kelembapan alaminya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, madu bisa digunakan sebagai pelembap alami. Selain itu, madu juga kaya akan anti oksidan, sehingga satu sendok makan madu setiap hari cukup kuat untuk menghalau radikal bebas. Perlambat proses penuaan dengan menambahkan madu pada menu makan sehari-hari, atau bisa juga dengan mengoleskan sedikit madu pada kulit wajah untuk menghilangkan keriput dan tanda-tanda penuaan lain.

3. Untuk membasmi jerawat

Kandungan anti bakteri pada madu menjadikan madu pembersih menakjubkan untuk membasmi jerawat. Cara menggunakan madu untuk membasmi jerawat sangat sederhana, yaitu hanya dengan mengoleskan madu murni pada kulit yang berjerawat, biarkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

4. Untuk memudarkan bekas luka

Madu memiliki efek memudarkan. Karena itu, mengoleskan madu secara teratur bisa secara dramatis memudarkan bekas luka baru ataupun bekas luka yang sudah lama. Caranya seperti saat menggunakan masker madu, biarkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

5. Untuk scrubbing bibir alami

Campur 1 sendok teh madu murni dengan 1 sendok teh brown sugar (gula merah) dan beberapa tetes air perasan jeruk lemon atau lime. Lalu oleskan merata pada bibir dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu, gunakan ujung jari untuk menggosok bibir dengan lembut, sambil dibilas hingga bersih. Jika dilakukan secara teratur dengan baik, akan terlihat bibir bersih dan menjadi lebih merah alami.

6. Untuk mengatasi lingkaran hitam mata (Dark circles)

Madu bisa memudarkan dark circles jika dioleskan secara teratur. Oleskan sedikit madu pada lingkaran hitam mata, biarkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan ini dua kali seminggu sampai dark circles memudar. Untuk hasil yang lebih cepat, bisa juga mencampur madu murni dengan sweet almond oil, oleskan pada lingkaran hitam mata, biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Kulit area mata merupakan bagian kulit yang sangat sensitif, karena itu selalu gunakan jari manis atau jari tengah saat mengoleskan madu, dan tekan-tekan perlahan secara hati-hati. Jangan menekan terlalu kuat, apalagi sampai menarik kulit area mata karena bisa menyebabkan kulit kendur dan keriput.

7. Untuk meredakan eczema

Kandungan anti inflamasi (anti peradangan) pada madu bisa meredakan eczema, rosacea, dan psoriasis prone pada kulit. Cara menggunakan madu untuk meredakan eczema ialah dengan mengoleskan madu murni pada area yang terinfeksi, biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

8. Sebagai hair conditioner

Madu bagus dijadikan hair conditioner karena memiliki manfaat melembapkan dan melembutkan. Campurkan 1 sendok makan madu murni dengan 2 sendok makan extra virgin olive oil, lalu usapkan secara merata pada seluruh bagian rambut. Biarkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil lebih baik, gunakan air perasan lemon untuk membersihkan rambut setelah menggunakan masker madu, lalu bilas dengan air hingga bersih. Lebih baik tidak menggunakan shampoo.

9. Sebagai hair lightener

Madu bisa membuat rambut kusam kembali berkilau. Madu memiliki efek memudarkan alami sehingga bisa dijadikan hair lightener yang efektif. Caranya sederhana, yaitu dengan mencampur 1 sendok makan madu murni dengan 6 sendok makan air bersih, lalu usapkan secara merata pada seluruh bagian rambut. Biarkan selama 1 jam, lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara teratur setiap minggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Untuk mendapatkan hasil yang dramatis, campuran madu dan air tadi bisa ditambah dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Lakukan secara rutin, rambut pun akan senantiasa berkilau alami.

10. Sebagai hair removal

Madu yang dicampur dengan air perasan lemon dan gula bisa digunakan untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan pada tubuh. Caranya yaitu dengan mencampur 1 sendok makan madu murni dengan 3 sendok makan brown sugar (gula merah) dan 1 sendok teh air perasan lemon. Didihkan campuran tersebut sampai berwarna kecoklatan, lalu biarkan hingga dingin. Kemudian, dengan menggunakan sendok atau stick ice cream, oleskan campuran madu tadi ke kulit. Tutup dengan cotton strip (kain katun), usap kain secara merata sampai terasa hangat dan campuran madu benar-benar menempel pada bulu di kulit. Setelah itu, tarik kain katun secara hati-hati berlawanan dengan arah pertumbuhan rambut. Metode ini sama seperti menggunakan wax hair removal, tapi menggunakan madu lebih aman dan baik untuk kulit.

11. Untuk mencegah luka akibat dicukur (Razor Bump)

Madu bisa mencegah luka dan ruam akibat proses mencukur bulu pada tubuh. Madu juga bisa digunakan untuk meredakan panas pada kulit akibat proses mencukur bulu yang tidak hati-hati. Caranya yaitu dengan mengoleskan sedikit madu murni segera setelah mencukur, biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

12. Sebagai conditioner untuk kuku

Seperti halnya rambut, kuku juga butuh conditioner. Fungsi madu sebagai conditioner kuku ialah untuk menguatkan kuku dan melembutkan kutikula. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampur 1 sendok teh madu murni dengan 1 sendok teh cuka apel (apple cider vinegar), lalu usapkan pada kuku dan kutikula. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur, untuk mendapatkan kuku yang lembut dan kuat.

Satu hal yang harus selalu diingat yaitu: gunakanlah madu murni untuk hasil terbaik. Karena madu yang sudah diproses biasanya ditambah dengan gula atau pemanis buatan, bahan pengawet, bahkan pewarna makanan. Semua bahan tambahan itu tidak hanya bisa merusak kesehatan tubuh, tapi juga bisa mempercepat proses penuaan kulit.

Tidak sulit, kan menggunakan madu untuk perawatan kecantikan? Kalau begitu, selamat mencoba.



Artikel ini masuk dalam bahasan:

- cara menggunakan madu untuk rambut - merawat rambut menggunakan madu - cara mengaplikasikan madu ke rambut - kumpulan cara memakai masker madu - cara memakai madu untuk rambut - cara memakai madu pada rambut - perawatan rambut menggunakan madu - madu utk rambut - manfaat condisioner madu - madu untuk conditioner rambut

Summase iGaligo

Founder iGaligo - Full time Blogger

Latest posts by Summase iGaligo (see all)


Artikel terkait dan Link Sponsor


Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 7 =